Ternyata Kandungan Gizi Ikan Sidat Lebih Banyak Dibanding Ikan Gabus dan Salmon

Ternyata Kandungan Gizi Ikan Sidat Lebih Banyak Dibanding Ikan Gabus dan Salmon

Gizidat – Saya cukup heran. Ternyata banyak sekali yang belum tahu tentang Ikan Sidat. Heemm.. jadi mungkin gini ya Moms..

Ikan sidat ini punya banyak nama yang berbeda, tergantung daerahnya masing-masing. Ada yang nyebut ikan masapi, sugili, uling, moa atau pelus. Nah ikan sidat ini sering dijumpai di sungai sawah dan empang serta dibudidayakan.

Bentuknya mirip belut, licin dan panjang. Yang membedakannya, ikan ini bertelinga.

Nah, kabar baiknya.. kandungan ikan sidat ini ternyata mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting untuk anak-anak lho..

Jangan tanyakan kandungan gizi ikan sidat, ada banyak banget lho Moms.. Bahkan lebih banyak kandungan gizinya daripada jenis ikan lainnya.

Perbandingan Gizi Ikan Sidat, Ikan Gabus dan Ikan Salmon

Sudah diteliti oleh para ahli bahwa, Ikan sidat mengandung vitamin B1, B2 dan A yang jumlahnya lebih banyak dari susu sapi. Kandungan zinc dan DHA nya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta fungsi otak terutama untuk KECERDASAN ANAK.

Kandungan antioksidannya dapat menambah imunitas, menghilangkan racun dan membuat lebih sehat.

Menurut penelitian, sidat memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan energi ikan sidat mencapai 270 kkal/100 g, Kandungan vitamin A sidat mencapai 4700 IU/100 g tujuh kali lipat lebih banyak dari telur ayam, 45 kali lipat dari susu sapi. Vitamin B1 sidat setara dengan 25 kali lipat kandungan vitamin B1 susu sapi dan vitamin B2 sidat sama dengan 5 kali lipat kandungan vitamin B2 susu sapi.

Kandungan gizi ikan sidat dibanding ikan salmon, sidat mengandung DHA (Decosahexaenoic acid, untuk pertumbuhan anak) sebanyak 1.337 mg/100 gram sementara ikan salmon hanya 820 mg/100 gram atau tenggiri 748 mg/100 gram. Sidat memiliki kandungan EPA (Eicosapentaenoic Acid) sebesar 742 mg/100 gram sementara salmon hanya 492 mg/100 gram atau tenggiri 409 mg/100 gram.

Secara lebih lengkap, yuk simak uraiannya dibawah ini:

Manfaat Ikan Sidat

Ikan sidat (Anguilla sp)  termasuk ikan asli Indonesia yang memiliki banyak kandungan dan manfaat yang berguna bagi tubuh, diantaranya yaitu :

1.  Mengandung Vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh

Sidat mengandung beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yakni vitamin B1, B2 dan A. Vitamin B1 yang terdapat di dalam ikan sidat 25 kali dari vitamin B1 yang terdapat pada  susu sapi. Sedangkan vitamin B2 memiliki kandungan sebanyak 5 kali dari vitamin B2 yang terdapat pada susu sapi dan vitamin A yang terdapat pada ikan sidat sebanyak 45 kali dari vitamin A yang terdapat pada susu sapi.

2.  Mengandung kandungan gizi yang sangat penting.

Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada ikan sidat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu Zinc, DHA, EPA dan Omega 3. Zinc dipercaya merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Zinc berperan dalam respon imun, fungsi otak, dan kemampuan reproduksi. Kandungan zinc yang terdapat pada sidat sebanyak 9 kali lipat dari kandungan pada susu sapi.

DHA adalah zat penting yang sangat dibutuhkan sebagai komponen utama pembentuk otak dan retina mata manusia. selain berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi membran sel otak dan fungsi retina mata, juga sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme sel-sel saraf otak.

DHA yang terdapat pada ikan sidat sebanyak 1.337 mg/100 gr mengalahkan Ikan Salmon yang hanya 820 mg/100gr. Ikan Sidat mengandung EPA (Eicosapentaenoic acid) sebesar 742 mg/100 gr, sementara Ikan Salmon hanya 492 mg/100 gr. Ikan Sidat memiliki kandungan asam lemak Omega 3 tinggi, yakni sekitar 10,9 gr/ 100 gr, Sehingga mampu meningkatkan fungsi memori & konsentrasi manusia.

3.  Mengonsumsi Ikan Sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia.

Kandungan gizi ikan sidat bisa sebagai antioksidan, menghilangkan racun tubuh serta memperlambat penuaan

4. Bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. 

Mengonsumsi Ikan Sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat & perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat juga memperbaiki sirkulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal

5. Memperpanjang umur. 

Disebut sebagai ginseng air, fungsinya dalam memperpanjang umur & melawan kelemahan & penuaan

6. Membangkitkan vitalitas

Di Jepang Ikan Sidat menjadi makanan favorit karena rasanya enak juga dipercaya mempu membangkitkan vitalitas.

Kemampuan ikan sidat ( Anguilla Bicolor ) untuk hidup di dua alam yang berbeda ( tawar dan laut ) itulah yang menjadikan ikan sidat istimewa karena proses tersebut menjadikan ikan sidat memiliki keunggulan gizi dibanding ikan lainnya.

Komposisi kimia hasil perikanan sangat dipengaruhi oelh beberapa faktor diantaranya adalah faktor dalam dan luar. Faktor dalam diantaranya adalah penyakit dan keturunan ( gen ), sedangkan faktor luar oleh kondisi lingkungan baik biotik maupun abiotik.

Jenis makanan yang tersedia juga mempengaruhi komposisi kimia ikan, semakin tinggi protein pakan ikan semakin tinggi juga kadar protein daging ikan yang terukur. Kandungan gizi ikan sidat jauh lebih baik dibanding daging lainnya termasuk salmon yang sampai saat ini diklain memiliki gizi paling baik.

Ikan sidat mempunyai rasa yang harum dan enak, disebut juga sebagai gingseng air, fungsinya dalam memperpanjang umur dan melawan kelemahan dan penuaan dini. Kandungan gizi Ikan sidat memiliki kandungan nutrisi protein, karbohidrat, serta omega 3 yang tinggi. Sehingga meguatkan fungsi otak dan memperlambat terjadi kepikunan.

Zat yang banyak terdapat dalam iakan sidat juga terbukti mampu mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan / schizophrenia. Mengkonsumsi ikan sidat juga dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilangkan racun tubuh, serta melambatkan penuaan.

Kandungan gizi ikan sidat

Penelitian kedokteran modern menemukan bahwa kandungan vitamin dan mikronutrien dalam ikan sidat sangat tinggi, diantaranya :

Vitamin B1 25 kali lipat dari susu sapi

Vitamin B2 5 kali lipat dari susu sapi

Vitamin A 45 kali lipat dari susu sapi

Zinc ( emas otak ) 9 kali lipat dari susu sapi

Asam lemak omega 3 tinggi, 10,9 gr / 100 gr

Gizi tinggi, kaya protein, Vitamin D dan E serta asam lemak amino lemak ganggang, dan asam ribonukleat

Mempunyai rentang salinitas sangat tinggi

Nah, Moms..

Dari berbagai sumber diatas, maka kita bisa tahu lho, manfaat ikan sidat itu apa saja buat kesehatan. Jadi, bisa disimpulkan nih, ternyata manfaat ikan sidat adalah:

  • Menurunkan kandungan lemak jahat dalam darah
  • Menghindari penyakit aterosklerosis dan mengurangi keletihan
  • Mendorong terbantuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar
  • Meningkatkan daya ingat
  • Memperbaiki sirkulasi kapiler
  • Mempertahankan tekanan darah normal
  • Mengobati pembuluh darah otak, rabun jauh dan dekat, glaukoma dan penyakit mata kering karena kelelahan
  • Meningkatkan imunitas tubuh sebagai antioksidan.

Madu Gizidat Diperkaya Ekstrak Ikan Sidat

Nah, madu Gizidat ini salah satu kandungannya adalah mengandung ekstrak ikan sidat. Berbagai macam kandungan gizi diatas, ada di dalam Gizidat.

Manfaat Gizidat tak hanya membuat anak lahap makan, tak gampang sakit, tapi juga memberikan nutrisi pada perkembangan otak anak.

Jadi, alurnya gini, kalau anak susah makan maka anak akan kurang mendapatkan gizi dan nutrisi dari makanan. Padahal makanan adalah sumber gizi dan nutrisi utama untuk anak.

Nah, Madu Gizidat ini, karena mengandung ektrak temulawak, dapat meningkatkan nafsu makan anak. Membuat anak makan dengan lahap.

Dan temulawak telah dipercaya selama bertahun-tahun oleh nenek moyang bangsa Indonesia lho Bunda. Terbukti bisa menambah nafsu makan anak.

Tidak hanya itu saja, Madu Gizidat juga mengandung probiotik. Agar pencernaan anak sehat dan mampu mencerna makanan dengan baik.

Bingung mau nyari Gizidat dimana?

Silahkan bisa dapatkan di reseller dan agen kami, selain itu bisa juga beli online lewat Customer Service kami yaa Moms..

KIRIM KOMENTAR:

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar yang membangun, pertanyaan yang sopan dan sesuai topik. No spam (link aktif pasti dihapus).

*